Home Beauty 5 Cara Mengatasi Wajah Bruntusan Akibat Ganti Skincare

5 Cara Mengatasi Wajah Bruntusan Akibat Ganti Skincare

by GLOW MOVE
cara mengatasi wajah bruntusan

Penggunaan skincare yang salah akan menyebabkan skin purging pada wajah alias bruntusan dalam jangka waktu yang lama. Meski begitu, ada banyak cara mengatasi wajah bruntusan akibat skincare.

Salah satu cara mengatasi wajah bruntusan akibat skincare adalah mengetahui penyebabnya, misalnya akibat mengganti merek skincare atau skincare baru yang tak cocok dengan jenis kulit.

Faktor tersebut dapat menyebabkan permukaan kulit menjadi kasar dan banyak benjolan kecil yang sangat gatal dan perih. Ketika keluhan ini datang, sudah bisa dipastikan kulit wajah sedang mengalami bruntusan.

Selain menelusuri penyebabnya, ini 5 cara mengatasi wajah bruntusan akibat skincare:

1. Hentikan Sementara Penggunaan Skincare

Hentikan semua produk skincare yang dipakai sampai mengetahui penyebab wajah menjadi bruntusan. Memaksakan diri untuk melanjutkan skincare tersebut akan semakin memperparah kulit wajah, seperti muncul jerawat atau iritasi. Istirahatkan kulit wajah dari berbagai zat kimia yang berpotensi membuat kulit meradang.

2. Kenali Jenis Kulit

Pemilik kulit normal biasanya jarang memiliki masalah kulit, sementara kulit wajah kering memiliki masalah permukaan kulit yang kasar, bersisik, gatal dan kusam. Sedangkan masalah pori-pori besar disertai minyak, komedo dan berjerawat adalah pemilik kulit berminyak.

Sementara orang yang mempunyai kulit sensitif mudah alergi atau gatal ketika dipicu faktor tetentu, seperti udara hingga makanan. Untuk itu, pilihlah skincare yang cocok dengan jenis kulitmu. Misalnya, hindari menggunakan produk yang mengandung benzoil peroksida atau asam salisilat bagi pemilik kulit kering.

3. Gunakan Pelembab dan Sunscreen

Gunakan sunscreen sebagai salah satu cara mengatasi wajah bruntusan akibat ganti skincare (Ilustrasi, twenty20.com)

Gunakan sunscreen sebagai salah satu cara mengatasi wajah bruntusan akibat ganti skincare (Ilustrasi: twenty20.com)

Agar kulit wajah tetap terhidrasi, pakailah pelembab di pagi dan malam hari. Penggunaan sunscreen atau tabir surya juga disarankan jika ingin beraktivitas di luar rumah.

Kulit bruntusan akan semakin meradang jika terkena sinar ultraviolet. Jika tidak menggunakan pelembab, kulit akan semakin kering, gatal dan memicu masalah baru.

4. Jangan Terlalu Sering Menyentuh Wajah

Tanpa sadar, kita sering menyentuh wajah saat gatal atau sekadar menyeka keringat. Namun, kebiasaan ini sebaiknya dihindari saat kulit wajah sedang bruntusan.

Menyentuh wajah terutama area bruntusan hanya akan memindahkan virus dan bakteri yang menempel di tangan ke area wajah. Hal ini akan membuat kulit wajah semakin infeksi.

Jika ingin menyentuh wajah, pastikan sudah cuci kedua tangan dengan sabun dan air mengalir atau hand sanitizer. Hindari pula menekan dan memecahkan bruntusan wajah.

5. Konsultasi ke Dokter

Sebetulnya, kondisi bruntusan pada wajah akibat peralihan skincare lama ke skincare adalah hal yang wajar. Namun, jika kondisi bruntusan semakin banyak dan memenuhi area wajah lebih dari seminggu, sebaiknya segera konsultasikan diri ke dokter. Selain mengganggu penampilan, bruntusan memicu masalah kulit baru seperti jerawat yang sulit hilang.

Itulah 5 cara mengatasi kulit wajah bruntusan akibat skincare. Untuk menghindari bruntusan, sebaiknya lakukan tes pada kulit sebelum mencoba produk skincare yang baru.

Cukup oleskan skincare tersebut pada area siku atau belakang telinga selama 48-72 jam. Jika tidak ada reaksi gatal atau kemerahan, produk skincare tersebut bisa dikatakan aman dan cocok untuk jenis kulit wajah kita.

You may also like

Leave a Comment