Home Relationship 5 Arti Move On dari Mantan dan Damai dengan Masa Lalu

5 Arti Move On dari Mantan dan Damai dengan Masa Lalu

Arti Move On dari mantan bukan sekadar melupakan dan menemukan penggantinya. Move on adalah bagaimana cara kita memaafkan dan tak akan mengulangi kesalahan yang sama.

by GLOW MOVE
5 Arti Move On dari Mantan dan Damai dengan Masa Lalu

Berhasil melupakan mantan kekasih adalah sebuah pencapaian berharga untuk diri sendiri. Namun, apakah arti move on dari mantan hanya sekadar melupakan dan menemukan penggantinya?

Seringkali kita salah menyerap arti move on dari mantan. Mengaku sudah move on, tetapi kita masih terus mengingat kenangannya, termasuk momen saat bertengkar. Alhasil, rasa cinta akan berubah jadi benci dan dendam yang terus diingat.

Agar bisa berdamai dengan masa lalu, berikut ini adalah arti move on dari mantan yang sesungguhnya:

1. Memaafkan, Kunci dari Arti Move On dari Mantan

Tanda kita sudah move on adalah dengan cara memaafkan diri sendiri dan orang lain. Jika mantan kekasih berbuat kesalahan dan kita terus mendendam, itu berarti kita belum benar-benar telah bangkit dari keterpurukan.

Namun, memaafkan bukan berarti melupakan. Dengan memaafkan, kita bisa ikhlas dan mengambil pelajaran dari masa lalu agar tak menemukan orang yang sama di kemudian hari.

2. Tak Lagi Memikirkan Mantan

Meskipun sudah memutuskan segala hubungan dengan mantan, bukan berarti kita benar-benar sudah melupakannya. Jika selalu membicarakannya setiap hari, meskipun itu adalah hal buruk tentangnya, itu artinya kita masih memikirkan kenangannya.

Carilah kesibukan baru. Kita bisa-bisa saja memblokirnya di telepon atau media sosial, tapi jangan lupa barengi juga dengan kegiatan baru yang bisa mengalihkan pikiran kita dari bayang-bayang mantan.

Baca Juga: Tips Pilih Skincare yang Aman untuk Ibu Hamil dan Menyusui

3. Berdamai dengan Diri Sendiri

Berdamai dengan Diri Sendiri, Salah Satu Arti Move On dari Mantan

Berdamai dengan Diri Sendiri, Salah Satu Arti Move On dari Mantan (Oleh Lookstudio)

Tak ada lagi rasa penyesalan dan berlarut dalam kesedihan. Ketika sudah move on, tentu kita akan mengakui kesalahan sendiri dan fokus untuk memperbaikinya.

Hilangkan semua pikiran negatif. Buatlah daftar pencapaian yang akan kita kerjakan atau kembali menata kehidupan yang lebih baik dengan teman dan keluarga. Jika hati sangat terluka, konsultasi ke profesional akan lebih baik.

4. Tak Ada Lagi Amarah saat Kontak dengan Mantan

Apakah sudah membuka kembali blokiran media sosialnya? Bersikap biasa saja saat bertemu dan ngobrol dengannya? Atau tetap menjalin hubungan baik tapi tak ada perasan apa pun.

Selamat, kita sudah 100 persen move on. Puncak bangkit dari keterpurukan adalah ketika kita kontak kembali dengan mantan, tertawa bersama atau menjalin hubungan kerja tanpa timbul perasaan apa pun.

Baca Juga: Mengenal Apa Itu Mental Illness dan Cara Mengatasinya

5. Menemukan Orang Baru Tanpa Membandingkannya dengan Mantan

Ada saatnya kita boleh membuka hati setelah lama putus dengan mantan. Di saat itu, pasangan baru akan memperbaiki luka dan trauma kita sebelumnya.

Namun, jika kita sudah menjalin hubungan dengan orang baru tapi masih ada celah untuk membandingkannya dengan mantan, itu berarti kita gagal move on. Berdamailah dengan diri sendiri terlebih dahulu sebelum memulai hubungan dengan orang baru.

Itulah arti move on dari mantan dan bagaimana kita sudah bisa berdamai dengan masa lalu. Jangan menyakiti diri sendiri dengan terus berlarut memikirkannya. Maafkan, lupakan dan tinggalkan.

You may also like

Leave a Comment