Home Beauty Ini 3 Jenis Kopi Diet Terbaik untuk Bantu Turunkan Berat Badan

Ini 3 Jenis Kopi Diet Terbaik untuk Bantu Turunkan Berat Badan

Mengonsumsi kopi rendah kalori dapat membantu orang yang sedang menurunkan berat badan. Ada tiga jenis kopi diet terbaik yang tidak merusak program diet, yaitu kopi hitam, kopi hijau dan kopi mentega.

by GLOW MOVE
Kopi Diet Terbaik

Kopi memiliki berbagai zat aktif yang dapat meningkatkan laju metabolisme tubuh. Tak heran jika saat ini banyak produk kopi diet terbaik yang mengeklaim dapat menurunkan berat badan.

Kafein pada kopi dapat dengan cepat membakar lemak dan menghasilkan energi baru. Meski tidak memberikan dampak penurunan badan secara langsung, setidaknya ada 3 jenis kopi diet terbaik yang bermanfaat untuk tubuh dan tidak merusak program diet.

Berikut ini 3 jenis kopi diet terbaik yang baik untuk dikonsumsi:

Kopi Diet Terbaik #1: Kopi Hitam

Dilansir NDTV, kopi hitam mengandung asam klorogenat tinggi yang berpotensi mempercepat penurunan berat badan. Mengonsumsi kopi hitam setelah makan malam dapat memperlambat produksi glokosa dalam tubuh.

Kopi hitam juga menawarkan berbagai antioksidan yang  berkontribusi dalam penurunan berat badan yang efektif. Jika sedang melakukan program diet, hindari campuran gula atau pemanis lainnya ke dalam kopi hitam agar menjadikannya minuman rendah kalori.

Satu cangkir kopi hitam murni tanpa gula hanya mengandung 2 kalori, magnesium dan 5 mg sodium. Pengidap obesitas sangat disarankan mengonsumsi kopi hitam sekali hingga dua kali dalam sehari.

Baca Juga: 4 Manfaat Diet Air Putih Untuk Cantik yang Lebih Maksimal

Kopi Diet Terbaik #2: Kopi Hijau

Kopi Diet Terbaik #2 Kopi Hijau

Kopi Diet Terbaik #2 Kopi Hijau

Mengutip Healthline, kopi hijau adalah biji kopi yang tak melalui proses pemanggangan dan memiliki kandungan kafein lebih moderat. Meski belum ada bukti ilmiah yang menyebutkan kopi hijau dapat menurunkan berat badan, namun jenis kopi ini cocok bagi orang-orang yang sedang diet.

Asam klorogenik pada kopi hijau membantu mengurangi risiko penyakit kronis seperti diabetes dan jantung. Penyakit ini sangat berisiko bagi orang yang memiliki bobot badan berlebih (obesitas). Satu cangkir kopi hijau setidaknya mengandung 45 kalori dan 5 gram karbohidrat.

Baca Juga: 3 Tips Diet Sehat dan Aman yang Tidak Membahayakan Kesehatan

Kopi Diet Terbaik #3: Kopi Mentega

Kopi Diet Terbaik #3: Kopi Mentega

Kopi Diet Terbaik #3: Kopi Mentega

Kopi mentega, butter coffee atau bulletproof coffee adalah kopi yang dicampur dengan mentega organik tanpa garam. Butter coffee akan lebih maksimal jika disampur ekstrak minyak kelapa sawit.

Dalam 1 cangkir kopi mentega mengandung 445 kalori, 9 persen sodium dan 20 persen vitamin A. Kopi mentega dipercaya lebih sehat ketimbang menambahkan gula atau creamer. Mentega dapat memaksimalkan tubuh mengelola energi bersama kafein yang ada di dalam kopi.

Belum ada bukti ilmiah kopi mentega dapat menurunkan berat badan. Namun, kopi mentega dipercaya memberikan energi yang jauh lebih tahan lama sehingga tidak mudah lapar. Mengganti menu makan siang dengan kopi mentega diyakini memberikan energi yang setara dengan menu porsi makan siang pada umumnya.

Baca Juga: Ingin Diet Tanpa Olahraga dengan Mudah? Ini 3 Solusinya!

Berikut cara membuat kopi mentega:

  1. Seduh 250 ml kopi
  2. Tambahkan 1-2 sendok makan minyak kelapa
  3. Tambahkan 1-2 unsalted butter (mentega tawar rendah laktosa dan garam)
  4. Campur semua bahan dan blender selama 30 detik hingga berbusa

Apa pun jenis kopinya, program diet tidak akan efektif jika tidak diiringi dengan menu makan seimbang, olahraga dan tidur teratur. Pastikan kita menerapkan pola hidup sehat dan tidak berlebihan mengonsumsi kafein.

Referensi:

  • https://www.nutritionix.com/i/maximum-slim/original-green-coffee/552e12efb79a00a23a7aff7e
  • https://www.ndtv.com/food/weight-loss-can-black-coffee-help-you-lose-weight-heres-the-answer-1927857

You may also like

Leave a Comment