Ingin Memukau saat Resepsi Nikah? Pakailah Wedding Henna

0 comment

Memakai wedding henna di hari resepsi pernikahan akan membuat pengantin wanita tampil memukau. Meski jarang ditemukan di Indonesia, wedding henna dapat menjadi opsi bagi wanita untuk mempercantik dirinya lewat sentuhan tangan.

Wedding Henna adalah seni lukis pada tangan di hari pernikahan yang diserap dari Bahasa Arab pada tumbuhan Bernama Lawsonia Inermis alias pohon hina. Kita akan menemukan nama lain selain henna seperti pacar, paci atau innai.

Screenshot 2 13

Cara Kerja Wedding Henna

Di India dan negara-negara Timur Tengah, tradisi memakaikan tato henna ke tangan pengantin wanita disebut dengan upacara Mehndi. Henna yang diambil dari tanaman diproses menjadi bubuk, diberi air hingga bertekstur pasta. Ahli Mehndi akan melukis henna ke kulit pengantin wanita dengan kuas atau botol berujung logam hingga kulit menjadi cokelat kemerahan dan dibiarkan mengeras.

Setelah 1-2 jam didiamkan, kulit akan dibasahi dengan jus lemon dan gula putih sebelum dibilas dengan air untuk mengikat warnanya menjadi tahan lama dan bertahan hingga 1 bulan lamanya. Di budaya Asia Selatan, orang percaya semakin gelap warna henna di hari pernikahan, semakin kuat pula rasa cinta pengantin lelaki ke pengantin wanitanya.

Di India, saat malam sebelum pernikahan, semua tamu dari kedua keluarga berkumpul di rumah tempat mempelai pria dan wanita akan tinggal. Semuanya mengenakan pakaian yang disebut “binalli”, sementara pengantin wanita mengenakan kerudung merah. Di sinilah upacara Mehndi digelar dan tangan wanita mulai dihias.

Screenshot 3 13

Sejarah Henna

Meski namanya berasal dari bahasa Arab, kita akan sering menemukan hiasan tato henna dalam pernikahan tradisional India, Afrika, dan negara-negara Timur Tengah serta Asia Selatan. Selain membuat penampilan memukau, tato Henna diyakini memberikan berkah, kegembiraan, dan keberuntungan.

Versi lain menyebutkan pengenalan Henna ke India terjadi pada abad ke-15 Masehi dan disebarkan oleh bangsa Mughal. Namun versi penulis Kama Sutra menyebut, henna sudah ada sejak abad ke-3 Masehi sebagai salah satu seni untuk merayu pasangan di zaman kuno.

Screenshot 4 13

Makna Henna

Henna melambangkan perlindungan pengantin laki-laki terhadap wanita. Henna juga melambangkan kegembiraan, keindahan, kebangkitan dan persembahan spiritual.

Menghias Henna di telapak tangan dan kaki lebih dari sekadar tradisi dasar karena ditandai sebagai simbol “solah shringar” yang berarti tanda keberuntungan. Seniman Mehndi akan menerapkan desain rumit di telapak tangan dan kaki pengantin wanita untuk menyembunyikan inisial nama pengantin pria di dalamnya.

Ahli Henna harus seseorang yang sudah menikah dan hidup bahagia, sehingga pengantin wanita dipercaya akan ikut bahagia.

Screenshot 5 10

Desain Henna

Screenshot 6 10

Beberapa desain yang rumit dan paling populer adalah bunga mandala, desain merak dan desain bunga. Bunga Mandala adalah simbol kuat dalam budaya India yang menandakan kemakmuran, kekayaan, kesuksesan, dan keberanian.

Sementara desain Merak melambangkan ekspresi diri, kebangkitan, integritas, kebebasan, bimbingan, perlindungan, dan kewaspadaan. Pengantin dengan desain burung merak diberkati dengan umur panjang dan kecantikan untuk dirinya dan anak-anaknya di masa depan.

Lalu untuk desain bunga menunjukkan keindahan, kebahagiaan, kegembiraan dan sensualitas. Bunga teratai misalnya, melambangkan kesucian, keindahan ilahi, dan hubungan wanita dengan jiwanya.

Itulah tradisi wedding henna yang dapat menjadi inspirasi resepsi pernikahan. Tertarik mencobanya?

Leave a Comment

BEAUTIVI MOBILE MENU

About Us

Product

Shop

Partnership

Promo

Customer care