Hindari Keuangan Membengkak Tips agar Tidak Boros

0 comment

Saat pandemi memang membuat kita tidak terasa menjadi masyarakat yang konsumtif. Karena banyak yang diam di rumah mulai bekerja atau sekolah adalah beberapa bagian dari dampaknya. Solusinya, pahami tips agar tidak boros dan terapkan.

Apalagi bagi seseorang yang biasa mengeluarkan uang secara rutin dan terpaksa harus terkena PHK. Kebiasaan konsumtif tersebut membuat kita terlihat boros.

Namun sebenarnya tindakan konsumtif dan boros tersebut bisa diminimalisir. Tentunya tergantung niat dan tekad kita untuk melatih diri agar tidak menjadi pribadi yang boros.

Agar Pengeluaran Tidak Terlalu Boros

Gaya hidup yang boros tersebut memang kerap kali dialami oleh beberapa golongan usia terutama usia muda. Atau bagi pribadi yang terbiasa hidup konsumtif karena pendapatan yang besar.

Gaya hidup boros ini bila dibiarkan akan menjadi penyakit hati. Sehingga meskipun kita berusaha mencari pendapatan yang lebih besar maka tidak akan menjadikan hidup kita lebih baik.

Agar pengeluaran kita lebih terkontrol mungkin cara di bawah ini bisa membantu:

1. Mencoba Menghitung Pengeluaran dan Juga Pemasukan

hitung

Cara ini memang terlihat sederhana namun tentu memiliki dampak yang sangat besar. Apalagi dalam manajemen keuangan pribadi agar mengetahui besaran pengeluaran dan pemasukan.

Cara ini bukan berbicara tentang informasi pengeluaran atau pemasukan saja namun lebih ke dalam orientasi mental. Saat kita mengetahui besaran pengeluaran kita, maka seharusnya kita mampu melihat detail bara yang kita beli selama beberapa periode.

Membuat laporan keuangan sendiri dapat dimulai dari menghitungnya secara harian atau mingguan. Namun bila kita memang memiliki waktu luang yang cukup banyak tidak ada salahnya pengeluaran tersebut dihitung lebih sering.

Karena terkadang menghitung pengeluaran yang ditumpuk tentunya akan membuat rasa malas karena seperti terbebani. Oleh karena itu lebih sering kita melakukan audit maka akan lebih bagus.

2. Merencanakan Penyimpanan

menabung

Merencanakan penyimpanan dalam artian menabung untuk sesuatu yang pasti. Langkah ini memang cukup rumit karena kita harus mempunyai buku tabungan yang berbeda dari cash flow.

Kita harus membuat buku tabungan terpisah untuk tabungan berencana ini. Jenis penyimpanan tabungan tersebut tentulah harus memiliki target. Contohnya kita targetkan untuk membeli kebutuhan primer seperti tabungan Umroh, rumah, kendaraan dan lainnya.

3. Membiasakan Tidak Terlalu Konsumtif

belanja

Konsumtif bila memang banyak kebutuhan primer adalah hal wajar. Namun konsumtif untuk membeli barang-barang sekunder akan menjadi masalah di kemudian hari.

Menjaga agar tidak konsumtif adalah dengan cara membuat list belanjaan yang penting. Tujuan membuat list belanjaan adalah upaya kita meminimalisir barang-barang yang kita tidak butuhkan.

Setidaknya dengan membuat list belanja kita akan dengan efektif untuk pergi ke toserba atau minimarket. Sehingga waktu pun tidak terbuang percuma.

Apalagi dalam kehidupan konsumtif ini akan sangat erat dengan pengeluaran mikro. Kita mungkin tidak sadar bila cemilan murah saja akan mampu menjadikan kita terbiasa untuk membelinya. Maka hal ini yang harus kita tahan.

4. Tetap Hidup Sehat

hidup sehat

Investasi terbesar dalam kehidupan adalah menjaga kondisi tetap sehat. Memang kita tidak akan mengetahui kapan kita jatuh sakit. Namun semua itu dapat kita usahakan dengan beberapa langkah yang tidak mendekati ke dalam jurang penyakit.

Menjaga agar diri kita tetap sehat akan bermanfaat dalam segala hal. Penyakit kecil pun tentu akan mempengaruhi jenis pengeluaran apalagi bila kita mendapat penyakit yang besar. Menjaga kesehatan tentu tidak harus dengan hidup mewah. Kita dapat memulainya dalam menjaga pola makan serta olahraga ringan yang dilakukan secara konsisten.

Leave a Comment

Berizin BPOM

Bersertifikat Halal

Diproduksi Sendiri

Premium Quality

Berizin BPOM

Bersertifikat Halal

Diproduksi Sendiri

Premium Quality

BEAUTIVI SPOT

BEAUTIVI JAKARTA

Grand Palace Kemayoran, Jl. Benyamin Suaeb No.A-15, RT.13/RW.6, Kb. Kosong, Kec. Kemayoran, Kota Jakarta Pusat, DKI Jakarta 10630

BEAUTIVI YOGYAKARTA

Jl. Ring Road Utara No.53, Kembang, Maguwoharjo, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta 55281

stay connected

Copyright @2023  All Right Reserved – PT Beautivi Kilau Indonesia

BEAUTIVI MOBILE MENU

About Us

Product

Shop

Partnership

Promo

Customer care