Home Living 4 Tips Desain Ruang Kerja di Rumah Biar Tetap Semangat Kerja

4 Tips Desain Ruang Kerja di Rumah Biar Tetap Semangat Kerja

by GLOW MOVE
4 Tips Desain Ruang Kerja di Rumah Biar Tetap Semangat Kerja

Pandemi COVID-19 mengubah banyak aspek menjadi new normal, termasuk menerapkan kebijakan work from home (WFH) alias bekerja dari rumah. Agar tetap produktif dan ide tidak buntu, tak ada salahnya kita mencari ide desain ruang kerja di rumah yang membuat suasana semakin nyaman.

Desain ruang kerja di rumah tentu mempengaruhi mood saat sedang bekerja. Oleh karena itu, penting untuk menentukan lokasi ruang kerja agar tidak terganggu dengan aktivitas rumah, seperti di sudut kamar, area belakang rumah, atau membangun ruang kerja khusus.

Berikut ini berbagai tips dan ide menentukan desain ruang kerja di rumah saat WFH:

1. Sesuaikan Kepribadian dengan Ruang Kerja

Sesuaikan Kepribadian dengan Ruang Kerja

Sesuaikan Kepribadian dengan Ruang Kerja

Menyesuaikan kepribadian dengan ruang kerja adalah poin pertama yang tak boleh dilewatkan. Cara bekerja setiap orang tentu berbeda dan mempengaruhi output pekerjaan itu sendiri.

Misalnya, untuk kepribadian introvert, mereka akan lebih senang bekerja dalam hening dan menghabiskan waktu sendirian. Ruang kerja di dalam kamar atau memiliki ruang khusus tanpa gangguan akan memaksimalkan kinerja.

Sementara orang yang memiliki kepribadian ekstrovert akan lebih bosan sendirian dan menyukai adanya interaksi bersama orang lain. Memilih ruang kerja bersama di dekat ruang makan atau sharing meja dengan anggota keluarga lain akan membuat si ekstrovert lebih nyaman.

2. Bangun Ruang Kerja dengan Tema Tertentu

Sesuaikan Kepribadian dengan Ruang Kerja

Sesuaikan Kepribadian dengan Ruang Kerja

Buatlah ruang kerja semenarik mungkin dengan membangun konsep atau tema tertentu. Jika kita menyukai konsep minimalis, aturlah barang-barang penunjang dengan warna dan ornamen primer yang simple dengan warna hitam, putih, atau nude.

Kita juga bisa membuat nuansa ruang kerja lebih luas dengan warna dinding dan barang-barang serba putih. Selain membuat pikiran lebih segar dan tenang, warna putih bisa membantu kita menjernihkan pikiran saat bekerja.

Bagi yang menyukai suasana kerja bak co-working space, meletakkan meja besar dan banyak kursi juga cocok menjadi pilihan. Dengan begitu, suasana kerja bisa lebih interaktif dan bisa mengobati kerinduan bekerja di kantor.

3. Buat Suasana Ruang Kerja Lebih Asri

Ruangan kerja yang terlihat cukup asri dengan beberapa pot tanaman hijau dan cantik

Ruangan kerja yang terlihat cukup asri dengan beberapa pot tanaman hijau dan cantik

Meskipun di dalam rumah, kita tetap dapat membuat suasana ruang kerja menjadi lebih hijau dan asri. Menambahkan beberapa tanaman hias indoor dapat membuat pikiran jernih dan menambah inspirasi.

Tak hanya itu, meletakkan tanaman hias di ruang atau meja kerja juga membuat ruangan semakin cantik. Apalagi jika ruang kerja kita memiliki nuansa minimalis atau dominasi cat putih.

4. Tips Desain Ruang Kerja di Rumah Berikutnya: Ventilasi dan Pencahayaan yang Baik

Ruang kerja dengan pencahayaan yang cukup baik

Ruang kerja dengan pencahayaan yang cukup baik (oleh Ekaterina Bolovtsova)

Ruang kerja harus dibuat senyaman mungkin karena akan menjadi area kedua di rumah yang paling banyak menghabiskan waktu. Oleh karena itu, pastikan ruang kerja kita memiliki pertukaran udara yang baik agar kita tetap sehat dan betah berlama-lama.

Jangan lupakan pencahayaan yang mumpuni. Meskipun sudah ada lampu sorot atau lampu kerja, pencahayaan di seluruh ruangan tetap harus diperhatikan agar mata tidak lelah.

Membuat ruang kerja di rumah yang nyaman tidak harus mengeluarkan banyak biaya. Yang paling penting, buatlah suasana ruang kerja senyaman mungkin dan pastikan area tetap bersih.

You may also like

Leave a Comment